Click here for Myspace Layouts

Jumat, 08 Oktober 2010

Karakteristik kecerdasan Matematis


Karakteristik kecerdasan Matematis

              Kecerdasan matematik, memuat kemampuan seseorang dalam berpikir induktif dan deduktif, kemampuan berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir.

              Siswa dengan kecerdasan matematis tinggi cenderung senang dengan kegiatan menganalisis dan mempelajari sebab-akibat terjadinya sesuatu. Siswa juga senang berpikir secara konseptual, seperti menyusun hipotesis, mengadakan kategorisasi dan klasifikasi terhadap apa yang dihadapinya. Siswa semacam ini cenderung menyukai aktifitas berhitung dan memiliki kecepatan tinggi dalam menyelesaikan problem matematika. Apabila kurang memahami, siswa akan cenderung berusaha untuk bertanya dan mencari jawaban atas hal yang kurang dipahaminya. Siswa ini juga sangat menyukai berbagai permainan yang banyak melibatkan kegiatan berpikir aktif, seperti catur, bermain teka-teki, dan sebagainya.

             Kecerdasan matematis merupakan kemampuan untuk menggunakan angka dengan baik dan penalaran dengan benar. Ciri-ciri dari kecerdasan ini adalah :
1.       Suka mencari penyelesaian suatu masalah
2.       Mampu memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan logis
3.       Menunjukkan minat yang besar tehadap analogi dan silogisme
4.       Menyukai aktifitas yang melibatkan angka-angka , urutan, pengukuran dan perkiraan
5.       Dapat mengerti pola hubungan
6.       Mampu melakukan proses berpikir deduktif dan induktif

 Jenis kecerdasan matematis ini biasanya terdapat pada para ilmuan, ahli matematina, misalnya Isaac Newton, Albert Einstein, dan BJ. Habibie. Dan, anak-anak yang memiliki kecerdasan ini, biasanya memiliki kegemaran bereksperimen, tanya jawab, memecahkan teka-teki logis, dan berhitung.

Menurut Buzan (2003), kecerdasan matematis merupakan kemampuan otak untuk bermain sulap dengan “alfabet” angka-angka. Salah satu kekeliruan yang sering dilakukan oleh banyak anak ketika mulai mempelajari angka adalah mengira ada jutaan, miliaran bahkan tak terhingga banyak angka yang harus mereka pelajari. Padahal sebetulnya, hanya ada 10 angka yang harus dipelajari : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,0. Angka yang lain hanyalah kombinasi dari angka-angka ini. Jadi, yang perlu dikerjakan siswa untuk memiliki kecerdasan matematis adalah memahami fakta ini , kemudian mempelajari beberapa operasi perhitungan yang amat sederhana. Dan untuk memahami kecerdasan matematis siswa, ada banyak cara yang perlu dilakukan antara lain :
1.       Perkiraan yang tepat
2.       Belajarlah dari orang lain, angka-angka dalam kehidupan nyata
3.       Kalahkan kalkulator
4.       Kuasai teknik supermatematika
5.       Seringlah untuk menghafal
6.       Olahraga (senam otak) dan permainan otak
Di kutip dari buku “Mathematical intelligence” hal 156-158
Oleh : Moch. Masykur Ag dan Abdul Halim Fathani

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites